Lets Find the incredible in Qualcomm Snapdragon


Menghadapi makin maraknya perkembangan smartphone di tanah air, penggunaan chip procesor menjadi  pertimbangan utama dalam menentukan kinerja yang bagus dari sebuah perangkat. Salah satu perusahaan semikonduktor global yang mendesain dan memasarkan produk dan layanan telekomunikasi nirkabel adalah Qualcomm Incorporated. Produk-produk dari Qualcomm salah satunya adalah Snapdragon. Prosesor Snapdragon merupakan sistem yang sepenuhnya terintegrasi pada chip yang dirancang sedemikian rupa untuk melakukan konektivitas yang lebih canggih, grafik yang memukau, serta pemrosesan dan multitasking yang andal dan efisien. Untuk sekedar berbagi pengalaman saja, saya akan bercerita tentang pentingnya sebuah chipset pada sebuah prosesor. Biasanya kalo ada iklan gadget-gadget android, di spersifikasinya ada keterangan :
  1. Versi android yang digunakan
  2. Merk + type + kecepatan prosesor + jumlah inti
  3. Besaran memory RAM
Dan seterusnya, dan yang jarang di ungkit-ungkit adalah jenis chipsetnya. Sering juga orang salah sebut, misalnya spersifikasi, dibagian prosesor tertulis Qualcomm MSM7227-A 800Mhz. Sekarang saya mau tanya, MSM 7227-A itu apa ? Kebanyakan dari kita, bahkan saya, mengangap itu adalah type dari prosesor padahal bukan, itu adalah nama dari sesuatu yang disebut dengan chipset. Sekarang bandingkan dengan Qualcomm Snapdragon Scorpion 1Ghz. Yup, benar, contoh diatas adalah penyebutan yang lengkap, pasalnya :
Merk : Qualcomm
Chipset : Snapdragon
Type prosesor : Scorpion
Clock : 1Ghz
Mungkin bagi sebagian orang tidaklah penting membahas sebuah chipset, namun sebenarnya penting, mengingat chipset adalah pelangkap dari prosesor itu sendiri.  Untuk mudahnya memahami apa pentingnya chipset, saya kasih contoh kasus, disini ada 2 HP android, antara lain:
  1.  Sony Xperia J dengan spersifikasinya: Qualcomm MSM 7227-A 1Ghz + RAM 512MB + Layar 4″ 800×480
  2. LG Optimus Black dengan spersifikasinya: Texas Instrument OMAP 3630 1Ghz + RAM 512MB + Layar 4″ 800×480
Sekarang saya tanya, kira-kira ada perbedaan besar kah kedua HP diatas ? Saya yakin pasti banyak yang tidak tahu (kecuali merk tentunya). Perbedaan utamanya adalah merk dan chipset yang digunakan, Xperia menggunakan chipset buatan Qualcomm dengan tipe MSM7227-A. sedangkan si LG Optimus menggunakan chipset buatan Texas Instrument(TI) dengan tipe OMAP 3630, terus, apa bedanya coba? Toh sama sama 1Ghz !!!

Sekarang saya mau tanya, coba googling sebentar, berapa resolusi maksimal rekam video dari si Xperia J ? Hasilnya VGA kan ? Kalo bagi yang gak tau, VGA itu 640×480 pixel. Nah Sekarang coba googling resolusi rekam video si Optimum, Hasilnya ? 720p ? Benar kan??? Bagi yang ga tau, 720p itu sama dengan 1280×720. Nah, disini muncul pertanyaan, kenapa si Xperia Resolusi rekam videonya kecil? Yap, benar sekali, ini semua salah si chipset, Kenapa bisa salah chipset ??? karena si chipset sangat menentukan hal-hal yang bernuansa multimedia di sebuah gadget android.

Contohnya : format video yang di support, resolusinya, bitratenya. Tak lupa resolusi rekam video, dan bitratenya juga. Umumnya chipset tidak menentukan overall performance dari suatu device android, tetapi, tidak ada salahnya kan mempertimbangkan jenis dan type chipset sebelum membeli gadget android, mengingat video HD sudah menjadi hal yang “umum” sekarang ini.

Jadi, dengan chipset se-powerful maka ponsel yang dipakai konsumen bisa memberikan yang hasil yang terbaik, mulai dari ketahanan dan kekuatan baterai serta grafis yang ditampilkan. Dalam jajaran produsen semikonduktor khususnya chip untuk smartphone, tablet dan smartbook, Qualcomm termasuk kelas atas karena  Qualcomm Snapdragon digunakan oleh mayoritas merek ponsel terbaik di dunia. Ponsel seperti Oppo N3 yang memakai Snapdragon 801, dimana Prosesor  ini mampu memberikan hasil koneksi tercepat, kinerja terbaik, daya tahan baterai terbaik, dan terbaru dalam multimedia dan kamera fitur.

 

Prosesor Qualcomm Snapdragon 801, adalah salah satu prosesor Snapdragon tingkat premium, yang dirancang untuk memungkinkan pengambilan dan pengolahan gambar yang lebih tajam, lebih mendalam dalam hal 3D gaming, meningkatkan kinerja, dan komunikasi lancar, bersama dengan daya tahan baterai yang luar biasa untuk smartphone premium dan tablet.


Prosesor Snapdragon:
  1. Bisa digunakan untuk koneksi cepat 4G/LTE. Jika menginginkan pengunggahan dan pengunduhan yang lancar, streaming video dan musik tanpa jeda, panggilan suara yang sangat jernih, dan berbagi foto dengan teman secara cepat, Anda pasti akan menyukai konektivitas yang didukung oleh prosesor Snapdragon. 4G LTE yang luar biasa cepatnya (hingga 10x lebih cepat dari 3G, bergantung pada jaringan dan operator), navigasi dalam ruangan dan luar ruangan, serta dukungan untuk WiFi dan Bluetooth terbaru, semua dimungkinkan oleh prosesor Snapdragon, dan ini telah tersedia pada Prosesor Qualcomm Snapdragon 801 yang ada di dalam ponsel Oppo N3.
  2. Dapat mendukung kamera ponsel yang paling kuat dengan teknologi khusus untuk memungkinkan lebih banyak megapixel, autofocus lebih cepat, dan terbaik dalam fotografi cahaya rendah.
  3. Dapat menampung 4K Video. Rekam video Ultra HD dengan suara surround dari ponsel atau tablet Anda dan putar di rumah – di perangkat seluler atau TV HD
  4. Memberikan suara berkualitas bioskop untuk video dan music  dan main game dengan grafis kualitas konsol di genggaman Anda.
Spesifikasi dari Prosesor Qualcomm Snapdragon 801
CPU
Up to 2.5 GHz quad-core Qualcomm® Krait™ 400 CPU
GPU
Qualcomm® Adreno™ 330 GPU
DSP
Hexagon™ V50 DSP (up to 800MHz)
Modem
Integrated 4G LTE Advanced World Mode, supporting LTE FDD, LTE TDD, WCDMA (DC-HSUPA), CDMA1x, EV-DO Rev. B, TD-SCDMA and GSM/EDGE
CAT4 speeds of up to 150 Mbps with support for up to 2x10 MHz carrier aggregation
3rd Generation integrated LTE modem, with support for LTE-Broadcast and LTE multimode dual-SIM (DSDS and DSDA)
RF
4th gen power efficient LTE multimode transceiver with Qualcomm RF360™ Front End solution for world mode bands, lower power and PCB reduction
USB
USB 3.0/2.0
Bluetooth
BT4.0 † Integrated digital core
WiFi
Qualcomm® VIVE™ 1-stream 802.11n/ac †
Integrated digital core
GPS
Qualcomm® IZat™ Gen8B
NFC
Supported
Video
4K playback and capture with H.264 (AVC)
1080p playback with H.265 (HEVC)
DASH is supported
Camera
Up to 21MP Dual ISP
Display
2560x2048 + 1080p and 4K external displays supported
Memory/Storage
LPDDR3 933MHz Dual-channel 32-bit (12.8GBps)/eMMC 5.0 SATA3 SD 3.0 (UHS-I)
Quick Charge
Quick Charge 2.0
PM8941
Chipset SW
Voltage In = 9V, 2.5A out
Process Technology
28nm HPm
Dengan spesifikasi CPU Up to 2.5 GHz quad-core Qualcomm® Krait™ 400 CPU, maka akan menghasilkan Kinerja CPU berkecepatan tinggi dan efisien sehingga bisa menangani pekerjaan terberat. Tidak hanya itu kekutan grafis juga semakin baik dengan adanya GPU Qualcomm® Adreno™ 330 GPU, sehingga kualitas grafis game dan video akan semakin meningkat dan lebih detail tanpa adanya lag saat dimainkan, dan masih Lebih banyak lagi yang bisa di lakukan oleh Prosesor Qualcomm Snapdragon 801 memberikan sesutatu lebih dari yang Anda bayangkan.

0 Response to "Lets Find the incredible in Qualcomm Snapdragon"

Post a Comment